Selasa, 26 Desember 2017

3 Keutamaan menghafal Al-Qur'an. nomor 2 luar biasa

Gambar terkait
Assalamu’alaikum para mujahid/mujahidah penghafal Al-Qur’an.
Bagaimana dengan hafalan Al-Qur’an antunna?
Lancar?
Semoga tetap semangat dan tetap istiqoamah dalam menghafal dan mempertahankannya  ya. Aamiin.

Alhamdulillah Postingan K.A(Kata Akhwat) pada kesempatan kali ini berisi tentang Keutamaan menghafal Al-Qur’an.
Penasaran...
Yuuk langsung kepoin.
Bismillah...


3 KEUTAMAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN


 1. Hati seorang muslim tidak akan kosong dari kitab Allah.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abas secara marfu’, ‘’orang yang tidak mempunyai hafalan Al-Qur’an sedikitpun adalah seperti rumah kumuh yang mau Runtuh.’’ (HR. At- Tirmidzi)
2    2.  Memperoleh penghormatan dari Rasulullah.

             Dari Abi Hurairah ia berkata: Rasulullah mengutus beberapa utusan yang terdiri dari beberapa orang. Kemudian Rasulullah mengecek kemampuan membaca dan hafalan Al-Qur’an mereka.setiap orang di antara mereka di tanya sejauh mana Hafalan Al-Qur’annya. Kemudia seorang yag paling muda di tanya oleh Rasulullah, ‘’Berapa banyak Al-Qur’an yang telah engkau hafal hay fulan?’’ ia menjawab ‘’aku telah hafal surah ini dan surah ini, serta surah Al-Baqarah.’’ Rasulullah kembali bertanya ‘’Apakah engkau hafal surah Al- Baqarah?’’ kemudian ia menjawab ‘’Betul’’ Rasulullah bersabda, ‘’pergilah, dan engkau menjadi ketua rombongan itu!’’ salah seorang dari kalangan mereka yang terhormat berkata, ‘’ Demi Allah, aku tidak mempelajari dan menghafal surah Al-Baqarah semata karena aku takut tidak dapat menjalankan isinya.’’ Mendengar komentar itu, Rasulullah bersabda, ‘’Pelajarilah Al-Qur’an dan bacalah, karena perumpamaan orang mempelajari Al-Qur’an dan membacanya, adalah seperti tempat bekal perjalanan yang is dengan minyak misik, wanginya menyebar ke maa-mana. Sementara orang yang mempelajarinya kemudian dia tidur, dan dalam dirinya terdapat hafalan AlQur’an, adalah seperti tempat bekal perjalanan yang di sambungkan dengan minyak misik.’’ (HR.At-Tirmidzi)

33. Penghafal Al-Qur’a akan memakai mahkota kehormatan

Dari Abi Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda, ‘’penghafal Al-Qur’an akan datang pada hari kiamat, kemudian Al-Qur’an akan berkata, ‘’Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu di pakaikan mahkota karamah (Kehormatan) . ‘’Al-Qur’an kembali meminta, ‘’Wahai Tuhaku tambahkanlah, maka orang itu di pakaikan jubah karamah.’’ Kemudian Al-Qur’an memohon lagi, ‘’Wahai Tuhanku ridhailah dia,  Maka Allah meridhainya,’’ dan di perintahkan kepada orang itu, ‘’ Bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga) dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang di bacanya tambahan nikmat dan kebaikan.'' (HR. At-Tirmidzi)


Nah, itu dia keutaman-keutamaan menjadi penghafal Al-Qur’an, kali ini hanya bisa menulis 3 poin penting. insyaAllah pada lain kesempatan akan di sambung pada postingan berikutnya. Doain ya semoga  Allah permudah dan diberi kesempatan untuk dapat menulisnya.

1 komentar:

  1. Hafidz/hafidzah memang punya kedudukan yang tinggi di dunia maupun di akherat nantinya.. Aamiin

    BalasHapus